Kapan lulus?

Lulus (baca: wisuda) itu wajib hukumnya bagi mahasiswa, no exception! Nah lain ceritanya kalau dilihat dari criteria kelulusannya, hehe, bisa prematur (baca: 3.5taon), atau normal (4 taon), atau juga dioverlap ama angkatan bawah (>4taon). Semua itu tergantung pada niat dan kerja keras kita, tentunya. Satu hal yang harus diingat: do not you dare to blame others for your faults.

Selama ini (3 taon kuliah), saya belum pernah ngeliat temen saya yang goblok (baca: tidak pintar). Yang ada juga mahasiswa malas (seperti saya dan mereka). Semua tergabung menjadi satu – Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia adalah orang pemalas (maapkeun klo salah_).

Lets be straight to the point.

Lulus Prematur

Mereka pasti orang yang rajin/pintarbanget/hokigede/bisafokus/semuanya. Kriteria yang saya sebutkan ini sangat memenuhi bagi mereka yang lulus premature. Kenapa gitu? Perhatiin aja, lulus premature itu ga gampang, butuh kriteria2 di atas. Salah satu criteria yang paling saya sorot adalah bisafokus. Hal ini mutlak untuk dilakukan bagi mereka yang mau/telah lulus premature. Tetapkan tujuan – focus – lulus deh.

Lulus Normal

Nah, ini mah lulus standar. Ga ada yang special di dalamnya. Anda cuma perlu mengikuti mata kuliah sebisanya, tidak melawan dosen (I once at this moment :D), dan rajin bergaul sama temen yang pintar. Cuma itu yang diperlukan. Kalau kata orangtua mah, “jalanin aja kuliah dengan semestinya, pasti kamu lulus tepat waktu.”

Lulus Overlap

Yang satu ini, nauzubillahminzalik. Jangan sampai terjadi kepada saya dan Anda semua ya! Ingat, ga ada lucu dan serunya untuk melakoni lulus overlap ini. Percaya deh! Beberapa hal yang bisa membuat Anda lulus overlap adalah: kurang hoki, kena musibah (seperti: kecelakaan) yang harus memakan waktu istirahat lama, nakal, ga bisa focus, no spirit. Nah kalau Anda mengira Anda sudah mulai memasuki zona terlarang ini (bakalan lulus overlap), yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Perbanyak ibadah
  2. Cari gairah baru – contohnya: gaet cewe baru
  3. Bertemanlah dengan mahasiswa-mahasiswa pintar, though dia itu angkatan bawah
  4. Sering olahraga – karena olahraga membantu kita untuk berpikiran positif
  5. Mulailah belajar!!

So far, saya masuk ke dalam kategori lulus normal. Hiks, padahal bisa tuh lulus premature, tapi karena kebodohan pada saat input mata kuliah. Mama, maapkan anakmu ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s