Dunia ini Panggung Sandiwara

Cerita yang mudah berubah
Kisah Mahabarata atau tragedi dari Yunani
Setiap kita dapat satu peranan
Yang harus kita mainkan
Ada peran wajar ada peran berpura pura

Peran yang kocak bikin kita terbahak bahak
Peran bercinta bikin orang mabuk kepayang
Dunia ini penuh peranan
Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

Mengapa kita bersandiwara
Mengapa kita bersandiwara

by Nicky Astria – Panggung Sandiwara

Belakangan ini, saya merasa dunia selalu bersandiwara tatkala penghuninya resah dan gelisah, bahkan ketika penghuni dunia ditimpa musibah ataupun mendapat kado istimewa, seakan itu semua dapat disandiwarakan. Lalu saya berkaca pada diri sendiri dan ternyata saya sadari bahwa telah banyak sandiwara yang dilakoni, baik itu berujung bahagia maupun sengsara. Kemudian saya lihat dunia tempat kaki berpijak, kenapa ada hujan deras yang seharusnya adalah sinar mentari indah? kenapa ada kembang api yang seharusnya itu adalah petaka?

Saya membagi cerita bersama Anda tentang beberapa aspek yang saya anggap sebagai sandiwara.

Saya mulai dengan ibadah. Apakah selama ini kita telah beribadah dengan baik kepada Sang Pencipta? Tentu saja, saya sangat tahu bahwa ibadah itu tidak gampang, malah sangat susah! Tapi setidaknya, apakah kita sedang bersandiwara dengan ibadah yang selama ini ada? Setelah dosa tercipta dengan sukses, keesokan harinya kita mengatakan tobat. Dan apa? Esoknya kita telah menciptakan dosa dengan sukses yang lebih meriah. Tentu, saya tidak bermain-main dengan kata ‘tobat’, tapi setidaknya jangan bersandiwara.

Kali ini kita bicara cinta. Apa sih arti cinta? Saya yakin Anda semua sudah paham. Cinta identik dengan kasih sayang, penuh perhatian, dan lainnya. Namun sah-sah saja jika saya mengatakan cinta adalah perbuatan/pergejolakan hati. Coba perhatikan berapa banyak teman Anda yang menghakimi dengan lantang mantan kekasihnya, padahal saat sedang bersama dulu, mereka bagaikan pulpen dan tinta emasnya. Saya tidak tahu pasti, tapi yang saya rasakan adalah sandiwara sedang dimainkan dengan penuh semangat ketika kita sedang mencinta. Jika ada orang bilang: cinta itu buta. Mungkin saja benar!

Mulutmu harimaumu. Yap, semua sandiwara diucapkan dengan kata, walau gerakan tubuh juga memberikan andil yang tidak sedikit. Ada beberapa teman, mereka selalu mengatakan tidak suka dengan si X, dan saya setuju itu. Namun keesokan harinya, mereka berbicara kepada si X layaknya tidak ada masalah di antara mereka. Apa itu salah? It depends. Ada baiknya langsung mengatakan apa yang terjadi, dan mudah-mudahan semua masalah menjadi jelas, dan saling memaafkan. Dan tentunya, proses memaafkan dan dimaafkan akan memakan banyak waktu. Lets just wait for the goodness.

Tertawa dan menangis. Dua hal itu adalah skenario terbaik untuk melakoni sandiwara. Suatu ketika dulu, saya pernah iseng mempersilakan teman saya for reading my palm. Saya terkejut ketika dia bilang, “eki sebenarnya menangis ketika eki terlihat tertawa.” Seketika itu saya keluar kelas dan menyadari bahwa selama ini telah bersandiwara.

Kita pernah bersandiwara, karena kita bisa bersandiwara, dan tak apa untuk terus bersandiwara, tapi pastikan bahwa Anda mengetahui di akhir sandiwara terdapat cerita yang indah. Apakah saya sedang bersandiwara ketika menuliskan artikel ini? InsyaAllah tidak.

Dan satu hal: kenapa ada hitam jika putih menyenangkan?

49 thoughts on “Dunia ini Panggung Sandiwara

  1. waaahhh,,,jadi penasaran nih..artikel apa yang bakal di launch?

    pake lagu pendamping segala lagi..

    keren2..ngebuat orang penasaran…:)

  2. penasaraan..๐Ÿ˜‰

  3. post hebat paan lgi yg bkal nongol nh,,

  4. Namaku tak ada di friendsline…
    Teganya teganya…. =[

    Btw ki lw maw maen teater kah?

  5. kira-kira apa ya??

  6. #chindi: thx
    #rossa: wow, penasaran ke dua
    #kahfinyster: saya selalu susah nulis nama anda, hehe, post kali ini saya akan mengangkat aktivitas keseharian kita, yang sebenarnya terlalu banyak diselingi dengan sandiwara
    #rika: oke, udah di add .. hhe, maap
    #yustiranda: kira2 apa ya? sebenarnya gw jg belum mikir banyak yud ..

    #all: thx ya .. ^^ semangat 45 buat nulis nih!! besok kelar dah!

  7. hmmm, akhirnya ngupdate juga coy..

    hehe, jangan2 lw sama kyak gw, tiba2 dapet ilham buat nulis tentang peran ma sandiwara๐Ÿ˜€

  8. barusan gw ngeliat kejadian aneh ..
    haha ga aneh juga sih ..
    tapi bener2 cocok banget ama artikel yang gw tulis ..

    DUNIA INI PANGGUNG SANDIWARA ..
    buset !!!!

  9. kenapa ada hitam jika putih menyenangkan??

    karena putih takkan indah jika tak ada hitam..

  10. Jadi nostalgia nech.. hehee.. but it’s great…๐Ÿ˜€

    Salam kenal….

  11. mungkin wajah gue sering nongol di pamplet pemplet tiang listrik bertuliskan “WANTED” dengan kasus membunuh anak itik berusia satu bulan tiga puluh hari dalam kandungan sang gajah.. (lho?!)

    have weekend man.. and mungkin itu perasaan lo ja kali…๐Ÿ™‚

  12. #yustiranda: setuju, emang itu jawaban gw saat berpikir dulu, tapi belakangan, gw ngerasa sebenarnya si hitamnya bakalan lebih baik kalau ga ada..
    #angga: nostalgia apaan nih? ga ngerti gw .. haha .. oh perasaan gw aja kali ya? soalnya lo mirip temen SMA gw dulu, hehe
    #adhe3t: makasih

  13. gw kurang setuju sama yudi..

    menurut gw:
    hidup itu ga selalu berwarna, tapi ada hitam putih nya juga..
    jadi kita ga boleh selalu lihat warna-warni kehidupan aja, tapi tengok lah sedikit hitam-putih nya..

    “life is balck & white”
    sama seperti tulisan di head blog gw..

  14. sandiwara itu memiliki cita rasa seni yg sangat tinggi…
    makanya semua org berlomba2 untuk bersandiwara??
    tak nyambung ya?

    kenapa ada hitam jika putih menyenangkan?
    karena gw lebih suka hitam daripada putih…

    tp mo nanya ma aak admin,,
    gmn cara membedakan sandiwara ma yg ga??pada diri sndri??dan orang lain??

  15. unntung bukan panggung drama (?)

  16. Klo dunia ini panggung sandiwara, lantas akhirat apa????

  17. #Rifki: life is black and white .. hmm, kadang2 bisa grey juga ..
    #bang diod: panggung drama? ah itu hanya sekedar nama .. intinya juga sama kok

    #bandnee: membedakan sandiwara dan tidak? sebenarnya gw yakin kita semua punya sense. nah dari situ kita bisa ngerasain sendiri, apakah kita sedang bersandiwara? atau apakah mereka yang bersandiwara..
    kalau ditanya lagi “sense yang gimana?” saya jawab “ikuti kata hati”
    kalau mau ngeliat sandiwara orang lain, perhatikan matanya, karena biasanya mata adalah pintu kita buat masuk ke hati .. CMIIW

    #Bijak: akhirat adalah negara tujuan kita, “ibu” kita yang sebenarnya, kampung kita .. makanya jangan terlalu sering bersandiwara selama di dunia, sebab di akhirat siapa yang tau ..
    Wallahu Alam Bisshawab.

  18. ^_^
    klo dunia panggung sandiwara, maka akhirat adalah saat penyerahan anugerah bagi aktor & aktris terbaik….
    klo dunia adalah film-film Hollywood, maka akhirat adalah Grammy Awardnya..
    wallahua’lam…

  19. dunia ini panggung sandiwara, itu tagline profil di sidebar sebelah kanan blog ku.๐Ÿ˜€

    by the way,
    kalau semua bersandiwara…
    lalu siapa penontonnya?
    apa jenis sandiwaranya?
    komedi atau tragedi?
    tiket masuknya berapa?:mrgreen:

  20. Definisi sandiwara dr wiki “Sandiwara adalah sebuah pertunjukan pentasan sebuah cerita atau disebut pula lakon dalam bahasa Jawa. Sebuah sandiwara bisa berdasarkan skrip atau tidak. Apabila tidak, maka semuanya dipentaskan secara spontan dengan banyak improvisasi.”

    Tanpa sandiwara, gw yakin bakal banyak orang yg terluka baik fisik maupun mental. Pernah ngga ‘anda’ mikir klo seandainya ‘anda’ tidak bersandiwara maka kerukunan itu ga bakal ada? Bener ngga?
    Asumsi gw doang loh.

    hidup tanpa sandiwara = CHAOS . .
    why? karena sandiwara lah yg membuat hidup itu berwarna . .
    not just WHITE and BLACK . .

  21. #bijak: ya ya saya setuju..
    #wirawan: iya, ternyata sama .. life is performance .. okeh im in .. hhaa.. makanya jangan semua orang bersandiwara ..๐Ÿ˜€ that simple

    #shyrz:
    “Kita pernah bersandiwara, karena kita bisa bersandiwara, dan tak apa untuk terus bersandiwara, tapi pastikan bahwa Anda mengetahui di akhir sandiwara terdapat cerita yang indah.”
    itu yang saya tuliskan di atas. sandiwara juga memiliki beberapa tingkatan kewajaran. pengen nanya sih sebenarnya “apa anda yakin ketika tidak ada orang yang bersandiwara, maka akan banyak orang yang terluka?” saya mungkin setuju dengan sandiwara yang membuat hidup berwarna. tapi mungkin itu tidak berlaku bagi beberapa ribu orang di luar sana ..

  22. wiw, terakhir itu kayak lagunya shelia on7 y…hehe..
    well, hidup itu rumit dan mistei tersendiri, hidup itu penuh intrik dan suka dua. Apapun itu, jalani aja..cinta, dll bumbu terindah yg pernah kita dapetin,..

    mudah2an tidak skdr bersandiwara, terutama untuk bekal kita di hari nanti, saat menghadapNya…

  23. eki berkata:
    Rifki: life is black and white .. hmm, kadang2 bisa grey juga ..

    wahh bener juga…
    kalo di area grey itu berarti kayak ungkapan
    “mati segan hidup tak mau”(bener begini ga sih)..
    hahahha

    paling repot ada di area grey..

  24. #sarah:
    iya, memang sepatah lirik S07, kebetulan lagunya S07 itu bunyi pas nulis nih artikel.. haha, “eh kok pas ya?” ya udah deh, dimasukin aja … maav ya akang-akang S07 ga nyantumin namanya… hihi
    #Rifki:
    ki, temen gw pernah bilang
    A: ntar cuma ada 2 jenis manusia yang disisakan buat hidup
    B: apa tuh??
    A: orang yang bener2 jahat dan orang yang bener2 mulia
    B: trus kalau kayak gw yang setengah2 gini??
    B: lo bakalan mati!! hahah
    A: hahahhaha sial lo

    so, lets be straight: iya-iya nggak-nggak .. jangan terlalu adem untuk berada di antaranya ..๐Ÿ˜€ tentukan pilihan .. ^^

  25. Di dunia ini memang penuh skenario yang diciptakan olehNya. Kita hanya sebagai pemain. Dan tidak akan pernah tahun akan akhir dari skenario dunia ini….

  26. just parking 5 minute dan moco web sekaligus
    datang numpang mampir ngerokok dan ditemani secangkir kopi๐Ÿ™‚

  27. Setuju kalo dunia ini panggung sandiwara. Semuanya kebanyakan adalah kebohongan. Hmm.. Entahlah.

    Btw, salam kenal ya.

  28. kenapa ada hitam jika putih menyenangkan?

    saya rasa putih tidak akan jadi putih tanpa adanya hitam…๐Ÿ˜€

    dan saya setuju. dunia memang penuh sandiwara๐Ÿ™‚

  29. mampir yah,,

    oh,, blom ada apdetan yah,, hhe,,

  30. Tidak selalu hujan deras itu buruk dan tidak selamanya sinar matahari itu indah.
    Tidak semuanya orang berpura-pura dan bersandiwara dalam hidupnya.
    Hitam tak selamanya buruk dan kelam juga, bisa tampak elegan juga lho๐Ÿ˜€
    Berpikir positif semuanya akan tampak indah, semuanya tergantung bagaimana kita memandang sesuatu, bersumber dari dalam hati kita dengan ketulusan.

  31. #nyaknyuk: iya kang ..
    #tukyman: saya ga sepenuhnya ngerti maksud anda apa mas ..
    #rian: hmm, itu persepsi sebagian orang .. ada kalanya sandiwara dilakoni untuk kebaikan (katanya), but who knows it
    #kahfinyster: udah ada gini, masih aja dibilang belum diapdet
    #Lala: saya sepenuhnya paham maksud mbak Lala, di sini saya hanya berusaha melontarkan pandangan tentang sandiwara, dan mudah2an memperoleh tanggapan dari pembaca. Nah, salah satunya dari mbak Lala, tanggapannya bener-bener memberikan pencerahan bagi saya dan siapa saja di luar sana yang setidaknya merasakan beberapa sandiwara (baik ataupun buruk) .. and again, thx for coming by mbak Lala

  32. ya karena kita nih cuman pemain adakalanya muncul adakalanya dibelakang panggung…..yang penting kita tetep kembali kepada fitrah sebagai umat yang tahu mana yang baik dan ga

  33. “tapi pastikan bahwa Anda mengetahui di akhir sandiwara terdapat cerita yang indah”

    kita tak akan pernah tau bagaimana akhir sebuah kisah, karena itu hakNya
    tapi mencoba mengurai dan membuat sandiwara berakhir indah, itu adalah kewajiban qt sebagai manusia๐Ÿ™‚

  34. makasih udah mampir k blog saya…
    oke deh nicky astria – panggung sandiwara nanti saya upload…
    nunggu gpp kan???
    nnti saya kbarin lg klo udh siap utk di download…
    makasih….

  35. #omiyan: sip
    #dewi: itu maksud saya mbak, karena kita ga akan pernah tau akhir suatu perjalanan itu bakalan indah apa nggak, makanya jangan terlalu berharap pada sandiwara… ^^
    #davidkaka: udah dapat kang, tadi dari 4shared .. thx anyway ya ..

  36. ow udh dpt yach…
    hehe td bru mw saya upload…

    ywdh gpp deh…
    makasih jg dah mampir k blog saya…

    mungkin ada request yg lain???
    klo iya lngsung k commnet aja yach…

  37. Hidup adalah fil terbaik..
    makanya disana penuh dengan sandiwara.
    *jiah*

  38. hhe,, numpang lewat,,

    mw ngasi tw ada post baru,, hhe,,

  39. saya suka lagu itu

  40. hitam- hitamlah, putih- putihlah…
    jangan sempat abu- abu

    oups??? @#$%^&

    buwat blog pake domain sendiri gini gmn sih kak…?

  41. #david kaka: oke .. thx
    #Rossa: sah sah saja kalau dikatakan seperti itu
    #kahfinyster: huahh
    #soul: saya juga suka kang .. ^^
    #fifiani:
    yaph, jangan sering2 berada di grey zone..
    cara buat:
    1. pilih nama domain kamu, bisa yang gratisan, bisa juga bebayar. kalau saya sih ini gratisan. ada sih yang bebayarnya, di pedjoang.net, tapi ga pernah diupdate, malah udah saya hapus
    2. pilih hosting, bisa gratis, bisa bayar juga. ^^
    3. install blog enginenya. bisa wordpress, bisa yang lainnya juga.
    4. jadi deh .. ^^

  42. ki update napa!!!

  43. Saya lebih suka Lagu ini saat dinyanyikan alm Nike Ardila…

  44. memang..
    dunia ini hanyalah sandiwara semata…
    untuk yang mulutmu harimaumu itu juga ku setuju banget kak…
    mungkin mulut itu kecil, tapi bisa berdampak besar jikalau dugunakan untuk kejahatan…
    misalnya aja perang…

  45. #adheet: sip bos… sesaat lagi ya, kemaren sedang uas, jadi pikiran tercurahkan ke sana dulu (emang iya??)
    #Mas Koko: sebenarnya bukan masalah lagu yang saya bicarakan .. hmm
    #Nafi: wokeh, sip sekali .. !!

  46. dunia memang panggung sandiwara, kita selalu punya peran disetiap waktu dan situasi. tapi kita harus perankan peran itu dengan sebaik mungkin untuk hasil yang paling baik. merdeka!

  47. setuju mas adhieputra …
    peran yang baik akan menambah citra yang baik pula ..๐Ÿ™‚

Leave a Reply

