kesalahan saat kuliah


Halo, apa kabar? Semoga baik-baik saja, kalaupun sedang ada problemo sebaiknya jangan berlarut-larut untuk menyelesaikannya. Pada artikel kali ini, saya menuliskannya dengan melihat suatu hal dari sudut pandang negatif, tentunya dengan harapan Anda tidak mengikuti apa yang saya tuliskan, namun mengimplementasikan kebalikannya, sehingga menjadikan suatu hal yang positif untuk ditiru.

Kesalahan saat kuliah, begitu judul artikel ini. Bagi Anda yang mahasiswa atau sudah sarjana, pasti mengetahui dengan jelas apa yang saya tuliskan. Nah, bagi yang belum kuliah, just get used to this. Ada apa dengan kuliah? Menurut pandangan saya, terdapat beberapa hal yang semestinya tidak dilakukan di saat kita – mahasiswa – seharusnya berpikiran lebih dewasa dan berperilaku layaknya orang dewasa. Berikut ulasannya:

Salah milih jurusan. Kesalahan fatal sih sebenarnya, tapi biasanya penyesalan dalam kesalahan milih jurusan bisa diminimalisir, bahkan terhapuskan seiring waktu yang berjalan dalam keseharian di jurusan yang salah tadi. Biasanya alasan utama mahasiswa tetap pada jurusan “salah jurusan” nya adalah sudah dapat feel, dapat teman, dan ketemu cewe/cowo cakep nan pintar nan tajir. Kalau kata om Jet di Move On “and just because you just don’t feel like comin’ home, don’t mean that you’ll never arrive”

Tidak memaksa otak bekerja. Mostly, mahasiswa itu pintar, namun yang membedakan nasib adalah kemalasan. Ingat: m-a-l-a-s. Saya sudah berulang kali membuktikannya sendiri, dan bodohnya tetap saja jatuh pada jurang yang sama (jangan ditiru). Berdasarkan analisis saya, kita dapat memaksa otak untuk bekerja dan enjoy terhadap suatu kuliah adalah ketika kita memaksa untuk menggunakannya setidaknya 15 menit penuh.

Ikutan Aksi/Demo untuk suatu hal yang tidak dimengerti. Saya sering melihat teman-teman mahasiswa ikutan demo, jingkrak-jingkrak menuntut keadilan yang seadil-adilnya. Sejujurnya, saya setuju dengan tindakan seperti itu. Namun, hal yang saya sesalkan adalah terkadang mahasiswa cuma nampang doang saat aksi. Mereka tidak mengerti apa yang sedang didemokan, apa yang sedang dituntut, dan lainnya. Apalagi kalau berakhir dengan atraksi yang anarkis. Sungguh memalukan! Di saat kita diberi amanah oleh orangtua untuk belajar menuntut ilmu di bangku perkuliahan, eh ini malah berantem di jalan ama oknum polisi. Ya jelas kalah lah!! Jadi polisi dulu, baru deh kalau punya nyali silakan berantem ama sesama polisi.

Tidak ikutan kepanitiaan/ormawa. Jangan cuma mau jadi mahasiswa, tetapi jadilah mahanya mahasiswa. Hidup di kuliah tidak hanya seputar datang kuliah, ngerjain tugas, makan, tidur, dan kembali kuliah. Kuliah jauh lebih mewah dan elegan! Salah satu kegiatan yang harus diikutin adalah kepanitiaan atau ormawa. Dari sana, Anda bisa memperoleh teman dan lawan berpikir, yang intinya adalah penambahan wawasan dan pengalaman Anda seputar pelajaran manusia. Apa itu pelajaran manusia? It’s all about knowledge to read people.

Menggunakan kata-kata bodoh. Maksud saya adalah kebiasaan mahasiswa untuk tetap menggunakan ejaan-ejaan bahasa Indonesia yang salah. Contoh yang paling umum adalah “eh, gw ga bisa kuliah nih, absenin gw yah? thanks berat” Apa yang salah? Yap, kata absen adalah menandakan ketidakhadiran/kealpaan seseorang. Padahal sebenarnya maksud dari perkataan tadi adalah “tolong isiin daftar hadir gw”. Tanya kenapa?

Bad scheduling. Hidup ini harusnya selalu diawali dengan perencanaan yang bagus. Jangan pernah percaya dengan keberuntungan, karena pada hakikatnya, sesuatu yang diperoleh adalah buah dari usaha kita. Kebanyakan mahasiswa tidak merencanakan campus live-nya dengan baik. Belajar hanya pada H-2 UTS/UAS. Percayalah, itu pasti pernah dan sering terjadi di kalangan mahasiswa!!

Terlalu memanjakan hati. Masa kuliah adalah masa yang tepat untuk  mengasah pikiran. May have to start thinking like mathematicians. Mulailah berpikir secara logika dan melalui pemikiran yang matang. Jadi hati sebagai apa? Sebaiknya Anda pikirkan sendiri.

Silakan dilihat, dibaca, dicermati, dan jangan lupa berkaca pada kelakuan sendiri. Have a good campus live, there!

23 thoughts on “kesalahan saat kuliah

  1. PERTAMAX!!!

    Setuju banget Ki, beberapa hal diatas merupakan cuplikan kecil kesalahan yang pernah kita lakukan. Tapi biasanya seh makin tua makin dewasa lah. Sekarang gw malah sering ketawa2 sendiri klo inget gimana awal gw kuliah dlu

  2. stuju..stuju…

    ada satu lagi ki.. mahasiswa tuh biasanya (termasuk chindi, :p), suka nyalahin dosen kalo ada materi yang blum diajarin dan apesnya materi itu keluar pas uts/uas…harusnya kan sebagai mahanya siswa, harus lebih dari sekedar siswa yang cuma bisa disuapi materi oleh gurunya.. intinya harus bisa belajar sendiri…

    tp koq susah banget ya ngilanginnya,,? yg kita pelajari buat uts/uas adalah materi yg emg diajarin ke mahasiswa nya…

    bisa gara2 emang kita udah terbiasa disuapi dr SD sampe SMA, atau bisa juga gara2 emang dosennya yang tidak membiasakan hal itu ya? (jadi nyalahin dosen lagi nih… hehehe)

  3. selamat malam mahasiswa…!

  4. jah…ada di gw semua itu hahahahgs..

  5. ehmm..

    5 dari 7 yang ditulis diatas + 1 lagi dari chindi, ternyata emang ada di diri gw selama kuliah ini..

    tapi mau gimana lagi nasi udah jadi bubur, mending dikecapin trus dikasih ayam..jadilah bubur ayam..hehe

    idup kan proses pembelajaran, jadi kalo kita ga pernah ngelakuin kesalahan gimana mau belajar..

  6. duh..
    jangan ampe saya salah jurusan.
    hha*

  7. duh..
    jangan ampe saya salah jurusan.
    hha*
    aw aw..

  8. #sagab: pertamax? hha .. iya, semakin dewasa lah .. santai
    #chindia: wah, bener tuh yang ditambahin. setuju sangat! thx a lot!
    #anggis: gw tau bro .. hahaha
    #kancrut: sip, hidup emang proses pembelajaran. Setidaknya jangan kembali terulang untuk melakukan kesalahan yang sama.
    #Rossa: amin

  9. banyak orang bilang aku salah milih jurusan waktu kuliah…

    hanya karena setelah lulus, susah dapet kerja…

    tp buat aku sie… g ada yang salah tuch, karena ternyata aku dapet jodohnya di jurusan itu hahahaha (nggaknyambungdotcom)

    salam kenal🙂

  10. Keslahan saya saat kuliah… kenapa ga’ dari dulu kuliah nya
    sekarang nyesel…

  11. uh,,jangan nyampe dah ntar gw kuliah malah kena kesalahan2 ntu,,

    eniwei,,

    daftar ibsn yuk di sini,, trus logonya ambil di sini,,

    berbagi tak pernah rugi,,salam ibsn,,

  12. Dan kslhn sy waktu smster awal adalah, lbh seneng nongkrong drpd msk kelas..😀
    skrg br nyesel banget

  13. wahhhh.. ternyata gitu yagh klo jadi anak kuliah..??

    lam kenallll…

  14. Hehehe, untung belom mau jadi mahasiswa…
    eh. mau deng..mulai bulan febuari atau april gw juga udah bisa mulai jadi mahasiswa..

    xixixix

    mudah2an ga salah jurusan… amin

    *ayo eki…smangat, sekalian minta doa aja sama pemirsa :D*

  15. #inge: salam kenal
    #Mas koko: waduh, speechless saya
    #Sarah: wah kesalahan fatal tuh, udah ulang aja kuliahnya
    #kahfinyster: ngeliat2 dulu bentar
    #liecha: lam kenal
    #sososibuk: lah, gw kira si sososibuk ini udah kuliah, hahaaha .. btw, kok malah nyemangatin si eki?

  16. Tampaknya dari daftar d atas ngak yang diriku lakukan

    syukur lah..

    Tentu aja diriku ngak pernah memasksakan diri untuk berfikir,

    ngak pernah mikir malah😛

  17. pengalaman pribadi kah?

  18. ga beda jauh ama anak SMA kok

  19. uwow,,ajib bgt ni artikel yang lu buat,,walaupun gw mahasiswa yang baru smester 2 tapi gw dan ngerasain tu hal-hal yang uda gw alamin.. baiklah,,mulai sekarang kudu tetep rajin,,semangat!!!!

  20. #angga: hahah, jangan kelamaan ga mikir ya ..
    #Rossa: bukan pengalaman pribadi, tapi penelitian pribadi ..
    #kodokodon: yap
    #ratih: makasih y. sukses!!

  21. tulisan hebat, dan bagi mahasiswa dengarkan abang ini

  22. thank’s tul. bacaan yang baik untuk pemula kayak ica. mantapppp!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s