Blog vs Facebook Note

Akhirnya, saya datang lagi ke dalam dunia blog. Saya kembali menuangkan ide cerita ke dalam sebuah tulisan di media ini. Sudah berapa lama saya tidak melihat tampilan “add new post” di wordpress? Belakangan ini, saya disibuki dengan beberapa macam pekerjaan, yang paling utama sih Tugas Akhir. Namun, bukan berarti sekarang ga ada kerjaan, tapi ya karena saya rindu ngeblog, jadi dipaksa untuk muter otak buat nulis. Oia, saya juga telah berpindah blog, awalnya dari http://diaryeki.co.cc (sudah di remove), dan akhirnya memilih blogdetik untuk menampung tulisan-tulisan saya. Kenapa saya pindah? Karena eh karena, lemot sekalii itu blog, mungkin karena semuanya gratisan kali ya? hehe. Terus, kenapa milih blogdetik? Nah, percaya atau tidak, saya memilih blogdetik dengan alasan blogdetik adalah blog yang identik dengan Indonesia, walaupun tetap make engine WP. haha. Gak apa-apa, mana tau bentar lagi blogdetik mau buat engine blog sendiri kan aduhai tuh. Oia, hampir lupa, sebelum saya melirik blogdetik, sempat terlintas juga ide buat domain sendiri, tapi karena keterbatasan dana.. hmmm.. ya begitulah.. haha.. Oke, di kesempatan pertama di blog baru ini, saya memaparkan ide tentang pertarungan yang mungkin akan terjadi: Blog vs Facebook Note.

Saya yakin, Anda pasti tau Facebook kan? Atau malah, udah punya account Facebook? Ya, di sini saya membicarakan suatu fitur di dalam Facebook (akan ditulis dengan fb untuk berikutnya), yaitu note. Dari halaman aplikasinya, saya peroleh “With Facebook Notes, you can share your life with your friends through written entries. You can tag your friends in notes, and they can leave comments. The Notes application page displays notes recently written by your friends, notes in which your friends have been tagged, and links to your own notes.” Note fb adalah suatu fitur yang dapat digunakan untuk mencurahkan isi pikiran kita ke dalam bentuk tulisan. Mirip sekali dengan blog. Hanya saja, note fb belum memiliki kemampuan layaknya blog, seperti: kategori, stats, dan lainnya. Tapi, note fb cukup powerful. Malah banyak teman-teman saya, yang awalnya rajin nulis di blog, sekarang malah berpindah untuk nulis di note fb. Kenapa?

Satu hal yang paling bikin hati adem ayem saat kita nulis adalah ketika orang-orang membaca tulisan kita, ketika mereka memberikan komentar. Nah hal ini bisa dibilang susah ditemui di blog. Enak kalau blog kita udah terkenal, nah kalau belum? ya kita harus blogwalking dulu. Saya rasa ini menjadi alasan terbaik bagi blogger untuk pindah menulis di note. Apalagi di note juga bisa nge-tag-in orang-orang supaya setidaknya mereka membaca tulisan kita. Malah, sekarang note fb juga bisa edit tulisan, maksud saya, tulisannya bisa diganti dengan tag html, jadi ga plain banget kayak dulu.

Nah, hal ini bisa menjadi ancaman serius bagi dunia perblogan, walaupun kita sama-sama tau, kalau Blog dan Facebook memiliki tujuan yang berbeda. Tapi ya tetap saja, dengan adanya note di facebook sudah dapat dikatakan mempunyai fitur utama blog, yaitu: tulisan. Facebook juga bukan cuma “menghajar” blog, tapi juga “membogem” twitter atau plurk. Liat aja, post status di facebook juga bisa dijadikan ajang “chatting”. Jadi ingat, chatting juga bisa dari facebook!! Wah, Facebook emang edan!! Saya sendiri, sebagai seseorang yang kuliah di bidang Informatika, merasa kagum luar bisa melihat sebuah Facebook!! Segala keterkaitan antara komponen satu dengan fitur lainnya, dan sebaliknya: itu sungguh sangat ribet sekali, saudara-saudara.

Semua kembali ke kita, dua-duanya asik-asik saja. Namun, saya pribadi, lebih memilih blog untuk menuangkan ide-ide terbaik saya, walau saya juga sering nulis di note facebook.

Footnote: di tulisan ini, saya tidak membahas kehebatan blog, karena saya anggap kita semua sudah tahu.

42 thoughts on “Blog vs Facebook Note

  1. udah jarang sekarang penggemar blog…
    udah kemakan ke FB semua…

    gilaaa :p

  2. hehehe..aku malah baru nih nge-blog..
    sebelumnya main fs dan fb dan lain-lainnya..

    tapi ga masalah lah..klo menurut aku sih,
    klo niat kita bikin blog adalah membagi/share cerita untuk org byk ya medianya bisa apa saja..
    klo mau private mungkin lebih spesifik lagi..(fb kan ga ada privacy sama sekalii !!)

    tapi ya memang itu lah hebatnya tekhnologi..jarak dan waktu semakin terangkul dan terpangkas..

    seperti kita yg tiba2 bisa kenal disini..ya ga rori (atau rizky)??๐Ÿ˜‰

  3. hahahah,,,,,hmmmm,,,
    kog masi semangat bang nulis blog gini si???
    tapi tetap semngatlah untuk dunia,,hahahah

  4. #rulez (Mules): nah lu nih salah satu contoh blogger yang sekarang lebih sering maen di note fb . hehee

    #baby: wah, nice to know you baby.. singer and song writer ya?? boleh dong kapan2 main bareng .. (ngayal gini si eki). oia baby, tadi udah maen ke multiply kamu, tapi kok harus sign in dulu ya biar bisa comment2an, mana sy g punya acc multiply..๐Ÿ˜ฆ

    #rahimah: masih dongggg.. demi kelancaran persendian juga nih .. hehehe .. btw, nulis itu inspiratif loh ..

  5. huehe..

    saiia punya fb cuma buat maen poker.

    wkwkw.

  6. FB lebih praktis ya๐Ÿ™‚

  7. Ikuutt boleh kan ? Gatel pengen komentar. Soale dari kemaren di sekolah lagi pada ngojok-ngojoke moom untuk bikin FB or FS. Nah dari sekian banyak orang di sekolah, cuma moom yang masih suka blog dan menghindari FS serta FB. Habis FS dan FB kok jadi kayak MLM dan membuat orang kecanduan. Sedangkan blog,lebih eksklusif gettu lowh, soalnya kalo blog ga semua orang bisa buka kecuali udah terkenal. Isn’t it a challange media ? Sori ya kalo ada FS or FB freak yang tersungging๐Ÿ˜‰

  8. Assalam.

    thanks.

    wassalam

    comment anda telah saya balas. silahkan kunjungi kembali
    ๐Ÿ™‚

    thanks for comments

  9. wah………

    sekarang seh kalo bisa ngeblog …yah ngeblog terus sedangkan FB cuma sampingan hehehe๐Ÿ™‚

  10. saya msh kekeuh nda mw fb2an ;p
    note pd fb cm bs diakses klo udh join fb, hrs fren-an jg ga?

    hidup blogging
    *halah*

  11. aq juga baru nge-blog. emang benar q-ta merasa seneng kalo tulisan q-ta di baca dan dpt comment… oya aq juga pernah se x ikut kopdar bln lalu di blok M,and minggu besok da kopdar jg di slipi jaya,ikut ga???

  12. wah si eki ganti2 mulu nih alamat blognya,,hehe…

    iya nih blog lama2 ditinggalin orang…
    jadi semangat lagi ngurus blog,,blog cnd dah lama ga update…:(

  13. saya juga milih blog

  14. #ariel:
    haha, poker ya?? hihihi
    #anny:
    hmm, ga juga sih. FB itu kan lebih dikhususkan untuk jejaring sosial yang buat pertemanan gitu .. jadi kalau saya rasa, beda jalur ama blog
    #callmemoom:
    wahh, bener sekali.. blog is a challenge media .. kudu bisa mengatur kata demi kata agar semua orang enjoy ngebacanya .. dan juga ada semacam trik2 PR (public relationship) di situ..
    #timur:
    wlkmslm .. makasih udah mampir ya..
    #sucimanize:
    totally agree!!
    #asri:
    setau saya, note fb juga bisa di share mbak ..
    #widy:
    saya pengen ikutan, tapi saya domisili di bandung nih mbak, jadi rada susah kalau harus ke slipi jaya .. maaf .. salam buat blogger sana ya๐Ÿ˜€
    #chindia:
    iya, ganti2 terus .. tapi baca deh paragraf satu di atas, pasti nemu alasannya .. ayo cnd, ngeblog!!
    #reallylife:๐Ÿ˜€

  15. wah..
    emanga sayang banget kalau kebanyakan orang lebih milih ke FaceBook
    bahaya..
    tapi kalau napi mah tetep seneng ngeBLOg…
    oh my blog..
    semangat semangat..

  16. posting pertama di bulan mei ya. ok deh tetap semangat aja. semoga kita bisa mengimbangi dari fesbuk dan postingan di blog.

    sukses selalu

  17. masih bisa ngeblog walo ada face book

  18. sayang saya ngak bunya FB

  19. Susah bikin tutorial di FB
    ngak ada juga orang yang ke FB untuk tujuan serius, pasti spending time doang

    ngak ada yang cari kata kunci “tutorial overclocking” gitu
    kurang menjanjikan

  20. masing-masing ada kelebihan kekurangannya sih… tapi kalo untuk skala luas, blog tetap lebih unggul karena bisa diakses oleh siapapun… gak seperti notes di facebook yang hanya bisa dibaca kalangan terbatas..๐Ÿ™‚

  21. —–
    #Napi, antown:
    sip, semangat!
    #suwung:
    iya mas, masih bisa dilakukan bebarengan.
    #Brinet:
    wah, kudu buat tuh mas. hehe
    #Angga:
    hmm, ok i see.
    #ichanx:
    nah, that’s the point mas. btw, i read your book, tapi borrow book sih .. hehe

  22. FB udah bikin nyandu banget,
    jadi ga konsen kemana mana
    bentar2 liat status orang
    bentar2 komen
    hahaha
    bikin gw ga produktif

  23. Selain bisa diakses semua orang, tulisan di blog lebih terdokumentasi dg baik…
    Hidup blog, fesbuk juga… Haha…

  24. koq gw g ngerti ya ki, kehebatan blog๐Ÿ˜›

  25. —-
    #Shelly:
    yap, bener banget!! dan gw sekarang udah mulai mengurangi frekuensi login ke fb hehe
    #grubik:
    sip..
    #aerapianggis:
    wah, gw tau lu ngerti .. hehe

  26. wah kekuatan blog ga akan bisa dikalahin ama siapa2..facebook jg ntar lagi bakal tenggelem kayak friendster…..apalagi kl liat kebiasaan orang Indonesia khususnya, ntar juga bosen….

  27. couldnt wait to comment nih saya:
    iya, mas yusdi, kayaknya bakalan tenggelam nih facebook, ya mungkin bukan di satu dua tahun ke depan. Saya juga akhirnya udah ga semangat lagi login ke facebook, hahaha, dan udah sering baca status temen2 “bosennn ama facebook!” .. malah ada yang bilang “kita harus balik ke FS!” hahaha..

  28. FB virus ganas saya juga kena nie

    pertamax dulu gan

  29. bagi diriku , blog lebih menarik hati…facebook cuma buat nitip iklan doank,,,hehhheee

  30. welcome bro…
    resmi jadi dblogger dong ya๐Ÿ˜€

    aku tetep suka blog ketimbang fesbuk.

  31. kalo saya sih note di facebook itu cuma buat joke aja sih, tapi kekurangan dari note kan gak bisa diakses oleh semua orang.. jadi harus jadi teman kita dulu.. kalo blog kan dengan mudah kita kasih tau ke orang lain

  32. Kalo aku kebalikan mas, lbh enjoy nulis di blog, lebih puas gitu…Dan sepetinya di blog lebh rame ketimbng fb saya hehe

  33. blog walking…
    salam kenal ya…

    Klo aq sih gak masalah, mw bikin note di fb atw posting tulisan di blog, toh sama aja tujuannya…

  34. tp wlo gmn pun, aQ udah ter;anjur cinta sm FB, walo mmg skrg2 agak jrg ngenet…hehe…aQ ttp lbh cinta dgn blog…cihuuuii

  35. semua terserah pada diri kita sendiri. dimanapun kita mau menuangkan ide2 kita tidak masalah.
    tapi blog tetep yg terbaik…hhehehe..

  36. masnur: wah ada pertamax di blog gw .. hehe
    mel: oke dah ..
    easy: wah, udah berapa taun lalu resmi jadi blogger kok .. hehe
    ridu: hmm, bener juga ..
    rita: ehehhe, bisa aja nih mbak rita
    favian: sip .. bener banget
    sarah: cihuiiii
    damalyk: hehehe, iya mas ..

  37. gw jg lebih milih blog ki buat tulis-menulis,,sayang kan udah dibuat tapi ga dipake..

    nb:
    yaelah ki..
    blog udah termasuk tenar kali..
    komen tiap post lo aja selalu bejibun..
    coba dibandingin blog gw yang sepi komen..haha
    gapapa lah..gw nulis bukan buat cari ketenaran kok..

  38. updet woi…hahaha

  39. Tapi kita sebagai blogger tetep harus memperjuangkan semangat blogging kita dan terus mensosialisasikannya…
    hahahaha..
    mampir ya MAs..

  40. xixixi… note fb lebih rame, bisa ngetag orang2, tapi fasilitasnya masih kalah ama blog…
    pake dua2nya juga ga masalah, yang penting bisa jadi media buat nyalurin ide๐Ÿ™‚

  41. hohoho bikin note di fb tidak bisa disearch oleh google karena harus login. jadi note kita hanya di baca oleh orang2 yang kita tag. fb identik dengan album foto.

    sementara twitter, hanay 140 karakter tak cukup mampu menampung hasrat kenarsisan kita. twitter lebih cocok untuk network information

    jadi twitter less, blog more๐Ÿ™‚

  42. Tulisannya kacau balau….
    sakit mata bacanya

Leave a Reply

