Eidetic Memory

Eidetic Memory, atau juga disebut Photographic Memory, adalah kemampuan untuk mengingat gambar, suara, atau objek lain dengan tingkat akurasi yang tinggi. Biasanya, eidetic memory adalah bawaan dari lahir, dan bukan berdasarkan pembelajaran. Tapi saya sendiri menganggapnya bahwa setiap orang memiliki kemampuan ini, hanya saja berbeda-beda kualitasnya. Sebenarnya, bisa saja kita fokuskan pikiran dengan satu hal, dan berusaha mengingatnya. Tapi mungkin, usaha tiap-tiap orang untuk benar-benar 100% correct dapat berbeda-beda. Ada yang butuh fokus 30 detik saja, atau ada yang 1 menit, bahkan berjam-jam mungkin. Bukan hanya faktor durasi yang menentukan, bisa juga dari korespondensi hal tersebut dengan orang yang dites, dan lain sebagainya.

Diambil dari tulisannya ibu Juliavantiel

Alan Searleman, a professor of psychology at St. Lawrence University in New York, says eidetic imagery comes closest to being photographic. When shown an unfamiliar image for 30 seconds, so-called “eidetikers” can vividly describe the image—for example, how many petals are on a flower in a garden scene. They report “seeing” the image, and their eyes appear to scan across the image as they describe it. Still, their reports sometimes contain errors, and their accuracy fades after just a few minutes. Says Searleman, “If they were truly ‘photographic’ in nature, you wouldn’t expect any errors at all.”

While people can improve their recall through tricks and practice, eidetikers are born, not made, says Searleman. The ability isn’t linked to other traits, such as high intelligence. Children are more likely to possess eidetic memory than adults, though they begin losing the ability after age six as they learn to process information more abstractly. Although psychologists don’t know why children lose the ability, the loss of this skill may be functional: Were humans to remember every single image, it would be difficult to make it through the day.

Dapat dari temen di kaskus, dia bilang

kemaren dicritain ayahku, pasiennya, anak autis seumuran sd, dia abis pegang peta jakarta punya ayahnya, trz tau2 ambil sepeda. ngilang seharian. sampe2 ortunya pada panik. pas sore2 tau2 dia pulang dgn wajah innocent gt. tau ga dia darimana? muter2 jakarta seharian, naek sepeda, sendirian. n ga keblasuk, alias sampe rumah jg.

Nah, itu merupakan contoh paling nyata dari eidetic memory. Kemampuannya menangkap gambar sangat baik, sehingga ia dapat hanya dengan “menerawang”, sudah seakan-akan memiliki peta tersebut di tangannya. Padahal sebenarnya, ngebaca peta juga susah buat nemu jalan pulang tuh, apalagi ama anak SD.

Satu lagi, dapat dari wiki, contoh manusia dengan gift ini adalah Pak Soekarno.

Sukarno, the father of Indonesian independence and the first president of The Republic of Indonesia, had a photographic memory, which helped him in his language learning.

Saya sendiri, biasanya menggunakan yang seperti ini untuk menghapal ayat-ayat AlQuran, soalnya kan ada yang tajwid dan lainnya yang beda-beda, jadi biasanya kayak menerawang halaman tempat ayat itu ada, terus jadi seperti tinggal membaca saja, walaupun lebih sering salahnya.

Saya tes ya.. : 1478395687591758935682947293. Silakan diingat selama-lamanya, bisa diucapkan kembali ga? Kalau saya sih, hmm, ga (baca: akan) bisa. Hehe

Few links: 1, 2, 3, 4, 5, 6, photographic memory game

10 thoughts on “Eidetic Memory

  1. saya pernah baca di sebuah forum

    seseorang itu bisa melukis kota paris beserta lekuk2nya.. sangat pas
    sebelumnya dia di ajak keliling kota paris dengan helikopter.

  2. waw,,
    its very good,,
    kyaknya aku bisa deh,,
    insyaALLAH,,hehe,,

  3. ota: berat ya? ah nggak kok .. menyenangkan malah
    melly: bener banget
    damalyk: ayo dicoba kang🙂
    yanuar: jiah, promosi nih ye .. hehhe

  4. Malam minggu dua pekan lalu kesasar ma dinda. Waduh, sampe nyasar ke kuburan segala. Kemampuan untuk ingat itu agak rendah, untungnya bisa selamat setelah beberapa jam. Padahal tempatnya cuma di belakang kost waktu kuliah dulu (dua taon lalu)

    Salam kenal …🙂

  5. Kayaknya ingetanku akan objek nggak begitu bagus deh. Gmn ya cara buat ningkatin kemampuan ingatan kita?..

  6. Wih keren banget yah🙂

  7. abied: salam kenal mas, boleh jg tuh ceritanya..hehe
    peacelover04: buat ningkatin kemampuan ingatan ada banyak caranya. biasanya sih kalau saya dengan kembali melihat dan terus memperhatikan. intinya sih: practice makes perfect🙂
    anny: iya, keren yah.. btw, semua manusia punya hal ini kok (pas masih kecil..hehe) tapi beranjak memudar seiring dengan perkembangan ke arah mana pikiran/otak kita ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s