band baru bermunculan tanpa mutu?

Menyambung tulisan saya di “Perbaiki Musik Indonesia“, kali ini saya mengambil topik tak jauh beda: kualitas band baru di Indonesia. Ya, kita sama-sama tahu kalau sekarang, dengan adanya Inb*x dan Dahsy*t dan sejenisnya, memberikan kesempatan kepada band-band baru (dan lama) untuk memperdengarkan kebolehan bermusik dan karya mereka ke penikmat musik tanah air. Secara jujur, saya angkat topi dengan adanya tayangan-tayangan semacam ini. Tapi, fokus saya sekarang adalah tentang band yang diusung acara-acara tersebut.

Sebut saja ****** Band. Dari segi nama, sudah tidak mencerminkan kualitas bermusik mereka. Dari sisi fashion, jelas banget terlihat keanehan yang mencolok dan menjijikkan. Saya rasa mereka ingin mengikat penikmat musik Indonesia dengan tampilan mereka (mungkin terinspirasi dengan Kuburan Band), karena saya tidak melihat hal lain yang dapat ditonjolkan dalam band ini.

Saya bukannya mau menghujat, tapi karena tak ingin ini berlangsung terlalu lama, saya terpaksa meneruskan kembali pemikiran ini. Maaf juga kalau ada pihak yang tidak berkenan, artikel ini hanya pengutaraan pendapat saya. Dan saya juga bukan ahli dalam bidang musik, hanya saja memiliki feel kuat dalam menikmati musik.

Oke, apa yang dapat kita harapkan dari band-band baru yang notabene kualitas musik mereka masih minim. Mereka butuh mentor. Bekerjalah bersama musisi senior Indonesia, seperti Padi, Dewa, Slank, dsb. Mudah-mudahan dapat jadi masukan atas perkembangan musik Indonesia.

Satu hal yang menarik, ntah karena alasan apa, saya kira musisi senior sekarang seakan mendegradasikan dengan sengaja musikalitas mereka. Musik mereka sudah tidak lagi sekompleks dulu. Apakah karena ingin bersaing dengan band/musisi lain yang lagunya lebih sederhana (baca: seadanya)?

14 thoughts on “band baru bermunculan tanpa mutu?

  1. ****** Band ?

    bintang2 band?
    hehehe
    knp ga ditulis aja nama bandnya bos?
    yah bginilah industri musik
    komersialisasi menjadi no.1
    walo masih banyak band2 yg idealis
    yg menganggap komersil itu no.2
    contohnya band fav saya
    MOCCA😀

    • huruf awalnya H .. hehe
      yap, bener banget, komersil itu yang dikejar mereka, tapi musiknya masih cetek ..

      oh iya, saya pernah ngundang Mocca buat ke kampus,, wuih, dapat feelnya tuh perform mereka .. salut deh!

  2. hu-uhm ya..sekarang band endosah banyak banget..
    sampe ga apal gw saking banyaknya..
    lagunya juga mirip-mirip semuah😦

  3. aku tau ki,, band apa yg kw maksudkan itu..
    “parah” kan mereka dr sisi penampilan dan musikalitas..
    aku jd jijik aja dengerin lagu2 band skrg ga mutu..
    malahan kyknya jauh lbh bagus band indie, kyk mocca, the milo, pure saturday, homogenic, dll..
    klo mocca mah emg TOP bgt!!!
    musikalitasnya kerennnn bgt..
    ga bakal rugi nonton konsernya de..
    hehe😉
    satu lg salah satu band indonesia yg terbaik dan jd favoritku bgt bgt bgt: Maliq&D’essential..
    kerennnn bgt mereka.. lagunya selalu memuja wanita, ga ada satu pun lagu mereka yg menghina wanita..
    hidup Maliq🙂

  4. mgkn karena bayaran mereka (band2 yg berkualitas) jauh lebih mahal daripada band2 ga berkualitas itu kali ki.. ada harga, ada rupa donk pastinya😉
    selain itu mgkn acara2 musik gt bukan “levelnya” mereka (band2 berkualitas).. buktinya maliq ntr perform tuh di java jazz maret ntar,, hehe🙂

  5. hwhahahha…gini ya saya kasi tips..

    jgn pernah marah, benci, apalagi suka sama band2 yang kgitu,band2 yg “you know what i mean” lah..krn dengan kita berperasaan seperti itu, berarti kita “concern” sama mereka, musik mereka..klo kita udah “concern”, brarti mereka “exist”..klo udah “exist”,yaudah,,”mission complete” bagi mereka,karena emang itu tujuan,pesan yg mau mereka sampein..gmn mereka bisa mendeklarasikan diri mereka. bagaimanapun caranya, strateginya..bahkan sampe ngeband pake kutang dan boxer plus gigi ompong.. (sekali lagi, you know what i mean lah)..

    konsekuensinya,klo mreka udah eksis,(pake istilah indonesia sekarang), konsumen makin penasaran,,baik itu penasaran krn benci ato krn suka..macem2lah..tergantung tingkat pendidikannya..*loh kok..
    klo udah banyak yg penasaran,udah,jadi komoditas di tv..penuhlah tv itu dgn mereka..kita ga bisa sepenuhnya nyalahin tv karena stasiun tv cuma cari makan..mana yg eksis itu yg mereka tayangkan..

    so,,sebenarnya balik ke diri kita…se-nyentrik apapun mereka menunjukkan dirinya,jgn pernah peduli..apalagi sampe dibahas di forum..ga perlu..jgn dilawan dgn cara begitu..

    so,,(lagi) berbahagialah kita yg ga tau, ga ngerti band ARMADA,hancur band, and so on and so on..berarti lo udah sukses menangkal mereka..dan jgn pernah cekokin generasi muda kita (adik2,keponakan,sepupu ) dgn lagu2 begitu..dosanya besar di mata Chrisye..

    sekian tips dari saya semoga berguna..

    oiya,sedikit rekomendasi band bagus endonesa skarang, coba dengerin endah n Rhesa, the trees and the wild, sketsa, the banery, ato gugun n the blueshelter

    selamatkan musik indonesia!!

    ayo ngobrol sama gw tentang musik lebih banyak lagi :

    http://www.facebook.com/herunata

  6. atau seperti kata orang medan, “kacangi aja orang tu…”

  7. Hancur band? hha… dah ga bermutu smua, kyk ga ad yg lebih bgus aj yg bwt dtygn….

  8. respect atas usulannya untk bekerja sama dengan band lama / senior …

    salam hangat

  9. wah tambahin ajinomoto dunt biar mutu hehehe

    berkunjung n ditunggu kunjungan balikna

  10. nang aja, ndak usah diresahkan. Band-band aneh itu kan tumbuh untuk kemudian mati hehhehe

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

Leave a Reply

