Seikhlasnya

“ini mas, udah selesai, dikasih seikhlasnya ya..”

Sering mendengar kalimat tersebut? Saya cuma menanggapi dengan senyuman dan sedikit pertanyaan, hanya dalam hati memang: bukannya dia sudah digaji?

Seikhlasnya bukan berarti suap, dan saya juga tidak menafsirkannya dengan sogokan, terkecuali beda konteks. Untuk perkataan ikhlas yang saya maksud, dapat dibagi menjadi 2 kelompok:

1. Ikhlas bukan pelicin

Kita sudah mengikuti proses yang diberikan, tetapi tetap saja harus membayar, walaupun seikhlasnya. Dalam arti lain, untuk satu ini kita benar-benar dipaksa ikhlas untuk memberikan hal yang sebenarnya tidak perlu.

2. Ikhlas melicinkan

Nah, untuk yang satu ini, kita memang ibarat memberikan suap. So, no need further information. Don’t do this too often.

Anda sering mengalaminya? Saya sih sering.

8 thoughts on “Seikhlasnya

  1. seikhlasnya,berarti memberi (tak wajib) namun salah jika seikhlasnya dituturkan pada suatu hak gaji (menurut saya)

    salam adem ayem

    • sip bener banget . saya setuju. tapi pada hakikatnya, rata2, mereka minta tambahan uang *walaupun seikhlasnya* ya karena gaji yang didapatkan tidak mencukupi menurut mereka. kalau emang bener gara2 itu, saya sedikit maklum. tapi kalau mereka mengatakan “seikhlasnya deh dek..” tanpa alesan kuat, saya rasa mereka sudah mengingkari makna kata “ikhlas”

  2. berkunjung
    salam kenal😀

  3. berkunjung, lam kenal…

  4. mening sekalian bilang ongkos nulis lah apa lah…. ketawan kalau minta :))

    *saya komen seiklasnya aja yah

  5. biasanya sih itu namanya uang rokok gan…

  6. Iklas dan suap hal yang berbeda pastinya, terima kasih atas kunjungan sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s